Selasa, 05 April 2011

Otak Kanan & Kiri, Manakah yang Lebih Dominan? Yuk di tes..

Otak manusia secara sederhana dibagi menjadi dua bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri. Masing-masing mempunyai peranan yang berbeda. Otak kanan cenderung mempunyai kemampuan dalam bidang imajinasi. Misalkan saja adalah kemampuan dalam hal bentuk (rupa), intuisi, empati, lagu musik, warna warni, heuristis, simbol, gambar, konsep, figur dan khayalan. Otak kanan juga berfungsi sebagai penyimpan ingatan jangka panjang (long term memory).

Sedangkan otak kiri cenderung memiliki kemampuan dalam hal rasionalisme. Misalkan saja bahasa, verbal, matematika, logika, angka (numerikal), urutan, penilaian, analisis, detail, literal, ketepatan, dan linier. Selain itu, otak kiri berfungsi untuk menyimpan ingatan jangka pendek (short term memory).

Ada sebuah test menarik yang ane ambil dari situs The Daily Telegraph, sebuah test yang menguji otak mana yang sedang kita gunakan. Coba perhatikan gambar penari di bawah ini. Apakah Anda melihat penari tersebut berputar searah jarum jam? Ataukah malah sebaliknya?


Apabila Anda melihatnya berputar searah jarum jam, berarti Anda lebih banyak menggunakan otak kanan Anda, begitu juga sebaliknya. Nah setelah itu fokus dan cobalah merubah arah putaran untuk memberikan kesempatan kepada bagian lain otak Anda untuk bekerja. Ayo… pasti bisa!


Kanan… Kiri… Kanan… Kiri… Kanan… Kiri.....


Semoga dengan mengetahui potensi otak, kita akan lebih bisa menggunakan dengan maksimal..
Semoga bermanfaat.

Entri Populer